Breaking News
Loading...

Keluarga Pelindung Kehidupan

14/3-2016: EDI SUDARMANTO BIN PAWIRO SONTO (1) - LAMPUNG, 30/3-2016: AHMAD RIYANTO BIN JUMARI (1) - LAMPUNG, 9/5-2016: AGUSLIM BIN ABUSANI (1) - BEKASI, 9/5-2016: BAHTIAR BIN TARABEN (1) - BEKASI, 9/5-2016: ZULKIFLI BIN BAKHTIAR (2) - BEKASI, 9/5-2016: SALDI YUNOF BIN UYUN SUTAN BATUAH (2) - BEKASI, 11/6-2016: YATRISNAH BINTI ZAIRIN (2) - BANDUNG
Tuesday, April 20, 2010

Aji Mumpung

10:40:00 PM
Banyak orang di sekitar kita, pada perusahaan pemerintah dan swasta, pada unsur pimpinan dari tingkat rendah, RT/RW, Kepala Lingkungan, Kades, Lurah, Camat, Bupati, Gubernur hingga Presiden, Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Internal atau eksternal yang secara sadar atau tidak, memanfaatkan kekuasaan, kedudukan atau posisinya untuk keuntungan pribadi atau kelompok kecil. Cara mereka beragam rupa:

Ada yang mumpung mengutamakan handai taulan.
Ada yang mumpung dengan alasan "kapan lagi", selagi ada kesempatan.
Ada pula yang mumpung dalam proses kedinasan, kepentingan pribadi ditumpangkan dan lebih diutamakan.
Ada lagi yang memanfaatkan kebaikan atasan, dengan kesadaran atau untung-untungan, siapa tahusesuai denagn harapan.
Ada juga yang jeli, mumpung keadaan sedang tidak berketentuan. Menumpangkan kepentingan dengan harapan muncul kembali peluang jabatan yang menguntungkan, demi itulah, maka "segala cara harus dihalalkan".
 
Banyak cara lain untuk "mumpung", tetapi kita sudah sepakat untuk tidak berteman dengan kata "mumpung". Kita telah pula bersepakat untuk tidak menggunakan standar ganda: saya boleh, orang lain tidak boleh; saya tidak wajib orang lain wajib .

Kita semua wajib menganut ilmu mumpung hanya untuk hal-hal tertentu semacam ini: mumpung orang tua masih hidup, mari kita bahagiakan mereka dengan hal-hal yang baik; mumpung kita punya kesempatan dan peran mari kita berbuat sesuatu untuk lingkungan demi kehidupan lebih bermakna; mumpung kita punya kemampuan mari kita menolong sesama yang kemempuannya kurang atau tak punya kemampuan sekali pun.

Zulkarnain Tajir

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer